Cara Membuat Website dengan XAMPP

Apa itu website localhost WordPress?

Localhost website WordPress adalah situs yang hanya dapat diakses oleh orang-orang di jaringan Anda yang artinya tidak ada komponen langsung.
Dengan demikian dapat disimpulkan jenis situs ini dapat berfungsi sebagai lingkungan yang aman, di mana fitur baru dan metode pemecahan masalah dapat diuji. 

  1. Download XAMPP

Langkah pertama dalam membuat website localhost XAMPP adalah dengan melakukan download XAMPP.

  1. Set Up XAMPP

Setelah proses instalasi selesai, Anda harus melakukan set up XAMPP dimulai dengan modul Apache dan MySQL. Anda mungkin akan mendapatkan dengan peringatan keamanan dari sistem operasi computer itu. Anda harus memilih “Unblock” untuk mengatasi peringatan keamanannya.
Setelah Anda mengatasi peringatan keamanan tersebut, lingkungan server lokal harus aktif dan berjalan. Untuk memeriksa, buka browser Anda dan masukkan “http://localhost/” ke dalam bilah alamat. Kemudian selesaikan set up sesuai petunjuk yang diberikan.

  1. Buat Database

Setiap instalasi WordPress membutuhkan databasenya sendiri, jadi sebelum kita menginstal WordPress dengan benar, kita perlu membuatnya terlebih dahulu. Dari layar yang sama di mana Anda memulai modul Apache dan MySQL, pilih tombol Admin MySQL atau Maria DB jika Anda menggunakan XAMPP yang baru.

Ia pun akan membuka phpMyAdmin di tab browser. Pilih tab “Database” di sinilah Anda akan membuat database Anda. Beri nama database Anda, lalu klik Create dan database Anda sudah jadi.

  1. Download WordPress, lalu Configure dan Instal

Download WordPress di https://id.wordpress.org/download/. Setelah diunduh, unzip file tersebut. Di sini kami akan merekomendasikan agar Anda memberikan folder yang dihasilkan dengan nama yang sama dengan database Anda.

Temukan lokasi di mana Anda menginstal Xampp (jika Anda tidak mengubah direktori saat instalasi, itu akan menjadi “C:/xampp”), dan buka direktori “htdocs”. Rekatkan folder WordPress Anda ke direktori ini. Di sinilah file situs web lokal Anda akan berjalan.

Klik dua kali pada folder WordPress Anda dan buka file “wp-config-sample.php” dengan Notepad.

Sumber : https://appkey.id/pembuatan-aplikasi/cross-platform/cara-membuat-aplikasi-berbasis-web/

Write a comment

%d bloggers like this: